Friday, September 13, 2013

SMA Jogja Jalan menuju PTN favorit Jogja

Cerita singkat aja soal pengalaman SMA di Jogja.Ingat ini hanya opini!
Dulu waktu masih SMP aku punya cita-cita bersekolah di jogja.
Kemudian melanjutkan ke Fakultas Kedokteran UGM.
Dari Goal menjadi dokter tersebut aku tidak terlalu paham mengenai SMA Negeri di JOGJA.
Waktu itu di SMPku juga enggak ada yang obsesi ingin sekolah di JOGJA.
Kakak kelas rata-rata melanjutkan ke SMA favorit di kota.Jarang ada yang punya ambisi ke sekolah-sekolah top diluar daerah.Biasanya karena belum siap hidup sendiri,atau terbiasa berada di zona nyaman.
(misal SD fav - SMP fav - SMA fav -kuliah fav tapi di kota yang sama yang sebenarnya biasa aja)
Sementara aku ingin sekolah keluar.keluar dari zona nyaman.
Biar kalau ada orang tanya ke bapak/ibu "Anaknya sekolah dimana?"
Jawabannya "Wah anak saya sekolah di sekolah negeri di JOGJA"
Tuh bangga kan.apalagi kalau sudah begini "Anak saya lagi kuliah di Kedokteran UGM" tambah bangga lagi.
Amiin
Pad 68, 161 siswa diterima jalur Undangan

Waktu itu sebelum kaki ini berhenti di Padmanaba aku sempat daftar di Muhammadiyah 1 Yogya.
Waktu itu dilihat sekilas sekolahnya bagus.Cuman waktu itu daftar buat jaga-jaga kalau-kalau tidak diterima di sekolah negeri.Jadi ingat teman SMP yang melanjutkan sekolah di MUHI, sekarang sudah diterima kedokteran UGM duluan.waktu pemikirannya sekolah Negeri lebih baik.hehe :D




Kemudian untuk sekolah Negeri aku masih bingung antara teladan sama padmanaba.Waktu pertama masuk Teladan buat pendaftaran kelihatan siswa-siswa jauh lebih ramah dan welcome.Suasana agak rigid dan agamis.Suasana belajar nya juga kental.

Sementara waktu masuk Padmanaba pertama kalinya suasana nya rindang.Cenderung terasa lebih santai tapi tetap berwibawa.


Sekarang setelah mengenyam pendidikan selama 2 tahun aku dapat menyimpulkan 4 hal.




1.Seandainya tujuan utama ke Jogja adalah untuk kuliah,maka menembus SMA favorit di jogja (1,2,3,5,8,9) bakal sangat mempermudah untuk menembus PTN favorit di JOGJA.Jadi buat siswa-siswi SMP yang sudah punya cita-cita kuliah di JOGJA,Menembus SMA favorit adalah langkah yang tepat.
Disini juga banyak anak kost yang masih SMA dan lingkungannya juga sangat support buat pelajar.
So kalau bisa SMA di JOGJA kenapa harus nunggu kuliah.
Massa Padmanaba

2.Mungkin sempat terpikir bahwa SMA favorit isinya orang - orang pintar yang kutu buku,pekerjaan-nya cuman belajar dan belajar.SALAH  Kadang muncul pertanyaan kenapa sebagian besar siswa SMA favorit diterima di PTN melalui SNMPTN yang sebenarnya nilai mereka jelek-jelek.
Jawabannya adalah  "Indeks sekolahnya tinggi". Kenapa bisa begitu? Ada yang bilang sih
PTN percaya karena siswa-siswa SMA

favorit tersebut terbiasa berorganisasi,berevent,berkegiatan,dsb tapi tetap bisa mengikuti pelajaran.Siswa siswi di sekolah-sekolah tersebut jadwalnya dipadati dengan berbagai kegiatan semasa di kelas 1 dan 2 SMA.Tapi tetap mampu mengejar ketertinggalannya di kelas tiga.Dan tidak terlalu anjlok di kelas 1 dan 2.
Bandingkan dengan sekolah lain yang sudah belajar tok tiga tahun (minim kegiatan) hasilnya tidak jauh lebih baik.Wajar PTN lebih memilih sekolah favorit.Karena siswa nya memang terbiasa membagi waktu dengan baik dan cenderung lebih militan.
Pad 67 undangan, 60 siswa lolos seleksi

3.Sudah SMA di Jogja rugi kalau hanya berkecimpung di bidang akademik kelas.Jogja menghadirkan suasana yang kompetitif bagi pelajar di hampir segala bidang.Jangan ragu untuk terjun menjajal berbagai kegiatan Non-akademis yang ada.Karena dari sana energi berlebih yang ada pada usia pelajar tidak terarah ke hal-hal yang negatif dan non produktif.

4.Seandainya bisa menjadi peringkat teratas mungkin kemungkinannya cukup besar bisa menembus PTN Jogja.Kalau tidak, maka lebih baik menjadi peringkat bawa SMA favorit di JOGJA,karena lebih kompetitif dan peluang diterima di PTN favorit JOGJA lebih besar.

SMA di Jogja?kenapa enggak.

No comments:

Post a Comment